.. Welcome To ..
Zona info Musik (selalu memberi informasi terbaru mengenai dunia musik ) 
 always provide the latest information about the world of music.............
                                         .. Largest Zone of Music ..

Asal Mula Musik Korean Pop (K-Pop) by zona info musik

Share on :

Asal Mula Musik Korean Pop (K-Pop)



annyeong yeorubundeul…
Ai Chan Kawaii comeback lagi…. mikir mikir…. kira2 apa yah yang enak dibahas di blog… naaah aku jadi kepikiran satu tema degh….
kita sebagai Kpopers…. tentunya menyukai lagu-lagu yang dimanakan Korean pop atau K-POP…. tapi tahukah kalian asal mula musik ini…. apalagi bisa sampai menjamah seluruh dunia…. ga cuma di benua asia tapi Eropa pun dijamah ma jenis musik ini…. lalu apa sih kelebihannya…
naah makanya.. kali ini mau bahas ini nih chingudeul….
yook kita mulai dari Arti Kpop itu sendiri.
K-pop itu kepanjangannya Korean Pop (“Musik Pop Korea”), yang berupa jenis musik populer yang berasal dari Korea Selatan. Banyak artis dan kelompok musik pop Korea sudah menembus batas dalam negeri dan populer di mancanegara. Kegandrungan akan musik K-Pop merupakan bagian yang tak terpisahkan daripada Demam Korea (Korean Wave) di berbagai negara.
nah sejarahnya musik pop korea ini berawal dari masuknya musik Pop Jepang di Korea pada tahun 1930an. J-Pop itu udah mempengaruhin dunia musik pop di Korea. Penjajahan Jepang atas Korea juga membuat genre musik Korea tidak bisa berkembang dan hanya mengikuti perkembangan budaya pop Jepang pada saat itu.
trus….pada tahun 1950-an dan 1960-an, pengaruh musik pop barat juga mulai masuk ke Korea dengan banyaknya pertunjukkan musik yang diadakan oleh pangkalan militer Amerika Serikat di Korea Selatan.
Musik Pop Korea awalnya terbagi menjadi genre yang berbeda-beda, pertama adalah genre “oldies” yang dipengaruhi musik barat. genre ini populer di era 60-an. Pada tahun 1970-an, musik rock diperkenalkan dengan pionirnya adalah Cho Yong Pil. Genre lain yang cukup digemari adalah musik Trot yang dipengaruhi gaya musik enka dari Jepang.
Nah…Awal mula munculnya musik pop modern Korea itu diawali dengan terbentuknya grup yang bernama Seo Taiji dan Boys, mereka debut tahun 1992. Genre musik yang mereka bawakan memberi warna baru di dunia musik Korea dengan beberapa campuran aliran musik seperti Rap, Rock, Techno Amerika.

Setelah Seo Taiji and Boys ini sukses besar akhirnya mulai deh bermunculan grup grup lain kayak Panic dan Deux. Kapan-kapan degh aku bahas mereka satu per satu di blog ini ^o^
Setelah itu…Tren musik ini jadi amat tenar…dan semakin menambah munculnya seniman dan musisi yang berkualitas di Korea sampai sekarang.
Musik pop dekade 90-an cenderung beraliran dance dan hip hop. Pasar utamanya adalah remaja sehingga dekade ini muncul banyak grup “teen idol” yang sangat digilai seperti CLON, H.O.T, Sechs Kies, S.E.S, dan g.o.d. Kebanyakan dari kelompok musik ini sudah bubar dan anggotanya bersolo karir.
Di tahun 2000-an pendatang-pendatang baru berbakat mulai bermunculan. Aliran musik R&B serta Hip-Hop yang berkiblat ke Amerika mencetak artis-artis semacam MC Mong, 1TYM, Rain, Big Bang yang cukup sukses di Korea dan luar negeri.
Beberapa artis underground seperti Drunken Tiger, Tasha (Yoon Mi-rae) juga memopulerkan warna musik kulit hitam tersebut. Musik rock masih tetap digemari di Korea ditambah dengan kembalinya Seo Taiji yang bersolo karier menjadi musisi rock serta Yoon Do Hyun Band yang sering menyanyikan lagu-lagu tentang nasionalisme dan kecintaannya terhadap negara.
Musik techno memberi nuansa moderen yang tidak hanya disukai di Korea saja, penyanyi Lee Jung-hyun dan Kim Hyun-jung bahkan mendapat pengakuan di Cina dan Jepang. Musik balad masih tetap memiliki pendengar yang paling banyak di Korea. Musik balad Korea umumnya dikenal dengan lirik sedih tentang percintaan, seperti yang dibawakan oleh Baek Ji Young, KCM, SG Wannabe, dan sebagainya.
Musik balad umumnya digemari karena sering dijadikan soundtrack drama-drama televisi terkenal seperti Winter Sonata, Sorry I Love You, Stairway to Heaven dan sebagainya.apalagi kalau drama itu popularitasnya tinggi… dijamin…OST yang ada di drama itu juga turut tenar dan tentunya banyak dinyanyiin dimana2….

Berbagai artis Korea akhirnya ga cuma diem di Korea ajah… mereka pun mencoba memperluas kesuksesan mereka di dunia internasional seperti BoA yang menembus Jepang dan digemari di banyak negara. BoA bahkan pernah menjadi artis korea pertama yang menyanyikan OST anime terkenal di Jepang. Sampai banyak yang mengira klo BoA itu orang jepang… padalah dia orang korea…. kalau kalian inget lagunya yang berjudul ‘Every Heart’
Kemudian artis-artis lain seperti Rain, Se7en, Shinhwa, Ryu Shi-won, dan sebagainya berlomba-lomba untuk menaklukkan pasar musik di Jepang. Rain tercatat sebagai artis Asia pertama yang mengadakan konser internasional bertajuk RAINY DAY 2005 Tour, di Madison Square Garden.
Kesuksesan KPop di rancah Internasional emang bener diluar dugaan. Demam Korea (Korean Wave) seperti udah jadi virus yang tersebarnya sungguh menakjubkan. bahkan banyak yang menjadikan Kpop ini sebagai pedoman untuk musik2 di Negaranya.
ditambah lagi nih… di Korean mulai banyak perusahaan perusahaan Hiburan yang mencari bakat-bakat terpendam orang Korea yang bisa dijadiin Bintang besar. Ga cuma dari segi tampang….tapi juga orang yang memiliki bakat baik itu ngedance dan olah vokal. jadi artis di Korea itu bukan hal yang mudah.. mereka harus mengikuti training selama berapa tahun baru bisa debut. jadi ga heran kalau sekalinya tuh artis dilepas kepasaran..tenarnya bisa langsung kemana-mana.
nah satu media yang puuaaaliiing berpengaruh tentang berkembangnya musik KPOP ini itu Youtube…

1 komentar:

hasan purnawan mengatakan... 24 April 2012 02.16

jadi gitu ya sejarah awal adanya musik KPOP…thanks ya buat infonya…Sangat bermanfaat!!
share info ya….udah pernah ikutan lomba blog ini blum?? ->> Pemilihan Touch Korea Tour Pengalaman Tim Event yg ada di FBnya KTO(Indonesia) dan ditwitter @ktojakarta, lumayan loh kalo menang bisa jalan2 gratis ke Korea bareng 2PM/Miss A..sekarang ane juga lagi ikutan nih, doakan saya ya??

Post a Comment and Don't Spam!